Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » LAIN-LAIN » CARA SEDERHANA BUAT HIDUP SELALU GEMBIRA SETIAP HARI

CARA SEDERHANA BUAT HIDUP SELALU GEMBIRA SETIAP HARI

(21 Views) September 5, 2017 2:03 am | Published by | No comment

Illustrasi

HIDUP  berkelimpahan harta dalam rumah tidak menjamin bahwa kita menjalani kehidupan ini dengan penuh kegembiraan dan sukacita. Harta bukanlah menjadi jaminan sebuah keluarga bergembira di dalamnya. Mengapa? Karena orang  dalam hidupnya bisa saja tidak punya harta yang banyak, namun kebanyakan tidak merasakan sukacita dan bahagia dan kegembiraan dalam hatinya. Justeru yang ada malah sebaliknya,  kebahagiaan rumah tangganya terpasung oleh harta karena diliputi kecemasan, kegelisahan dan kekuatiran  serta ketakutan. Karena itu, harta sebenarnya bukanlah tujuan hidup tetapi sukacita, kegembiraan dan kebahagiaan merupakan tujuan dan tuntutan hidup bagi setiap orang. Sebab di atas dasar kebahagiaan, kegembiraan dan sukacita setiap orang akan mendapat kekuatan dan kesehatan untuk terus menjalani kehidupannya. Inilah yang menjadi tujuan kita.  Rasul Paulus berkata: “Hendaklah kamu bersukacita senantiasa”.  Ini menunjukan kepada kita bahwa  hidup yang dilandasi dengan hati yang selalu bersukacita setiap saat adalah tuntutan dan kebutuhan bagi kita.  Salomo juga bilang, “Hati yang bergembira adalah obat tetapi hati yang  berdukacita mengeringkan tulang”.

Kita tidak bisa terpasung oleh tekanan dan beban pergumulan hidup ini. Tetapi sukacita dan kegembiraan haruslah menjadi penawar dalam mengatasi beban hidup.  Hidup jangan dibuat susah. Hidup harus dinikmati, karena hidup di dunia  hanya sekali saja, setelah itu habis. Bersihkanlah diri dari segala belenggu kehidupan yang merampas damai sejahtera dan kegembiraan hati di tengah-tengah pergumulan hidup ini.

Orang-orang yang tidak pernah mengalami sukacita dan kegembiraan dalam hidupnya adalah mereka yang membiarkan dirinya bermuram durja sepanjang hari. Mereka ini terbagi dalam tiga golongan. Pertama, mereka yang ditimpa kesusahan karena sesuatu yang tidak bisa dielakan dalam hidupnya; kedua, mereka yang tidak mau melenyapkan atau mengatasi berbagai kesusahan yang  dialaminya padahal mudah sekali untuk dilakukan; ketiga,  mereka yang cenderung untuk menimbulkan kesusahan sendiri dalam hidupnya.

Biasanya  salah satu dari ketiga hal ini dimiliki oleh mereka yang tidak bisa mengekspresikan kegembiraan dan kebahagiaanya. atau mungkin juga ketiga hal ini dimiliki oleh mereka. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Berikut Dutakita.Com  ingin berbagai rasa.

Biasakanlah diri untuk bergembira mulai dari saat bangun tidur di pagi hari hingga saat tidur kembali di malam hari. Halinimemang disadari bahwa bukan sesuatu yang instan terjadi dalam diri kita, tetapi membutuhkan waktu melalui latihan  untuk membiasakan diri. Pembentukan karakter diri seperti ini memang perlu ada sekalipun butuh waktu dan disiplin yang kuat. Lihatlah bunga bonsai indah di taman bunga. Dia dibentuk dengan kawat sesuai keinginan tuannya. dia tumbuh dan berkembang seiring sang waktu dalam kerangka pembentukan tuannya. Bukan saja satu-dua minggu, tetap berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Begitupun dengan proses pembentukan diri menuju kebaikan hidup.

Mulailah setiap pagi dengan hati yang riang. Katakanlah “selamat pagi” kepada seluruh anggota keluarga, teman sahabat di luar rumah anda, atau di tempat kerja di mana pun kita berada. Adalah baik jika ki5a menyanyikan suatu nyanyian  walaupun dalam hati.

ada seorang  ayah yang menderita kanker paru stadium 4. Semua pengobatan sudah dijalani, badannya sangat kurus, mobilitas yang terbatas karena hidupnya bergantung pada tabung oksigen. Dokter menyarankankan untuk pulang saja. Sangat menyedihkan.

Namun semua itu berubah total dalam 3 bulan setelah dia dirawat. Kini beliau bisa lepas dari ketergantungan tabung oksigen, bisa bernapas sendiri tanpa bantuan alat dan kualitas hidupnya sudah sangat meningkat. Ketika ditanya apa  obatnya? jawabannya adalah hati yang gembira.

Mungkin bagi sebagian orang, jawaban ini  terdengar klise. Namun hal sesungguhnya tak bisa dipungkiri. Di samping kedekatan keluarga untuk memberi motivasi, semangat dan mau meberi diri pada Tuhan, berdamai pada diri sendiri dan terlebih hati yang bergembira membuat semua  hal yang tidak mungkin dapat terjadi menjadi mungkin.

Teman saya suami isteri orang Belanda, sudah lama tinggal di Indonesia. Usianya sudah di atas 70 tahun. tapi mereka mengontrak sebuah rumah untuk kemudian dijadikan hotel. HOtel itu diberi nama Happy Happy. ketika ditanya mengapa begitu? mereka menjawab kami hanya mau senang-senang saja. anak-anak kami semua di Belanda dengan usahanya masing-masing. kami hanya mau menikmati hidup ini dalam kebahagiaan bersama.

Ternyata, bahagia itu sederhana.

Tetaplah semangat. Keep spirit.

 

 


Disunting dari berbagai sumber

This post was written by dutakita
About

DUTAKITA Hadir sebagai manivestasi dari eksistensi diri. Didorong oleh adanya tanggung jawab untuk menjadi duta dalam segala aspek kehidupan termasuk di dalamnya adalah duta dalam menyediakan indormasi kepada publik. Bahwa kehadiran DUTAKITA di tengah kehidupan banyak orang kiranya mercusuar yang menunjukan jalan bagi banyak orang. Untuk itu, sebagaimana komitmennya, DUTAKITA akan menjadi wahana berekspresi, berimajinasi, motivasi dan berkreasi untuk mempertahankan eksistensi diri di tengah kebutuhan akan informasi.

Tags: , , , ,
Categorised in:

No comment for CARA SEDERHANA BUAT HIDUP SELALU GEMBIRA SETIAP HARI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *