Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » SOSIAL POLITIK » ELEKTABILITAS ESTHON FOENAY, TERATAS

ELEKTABILITAS ESTHON FOENAY, TERATAS

(33 Views) September 4, 2017 8:18 am | Published by | No comment

Rilis  Survey Populi Center


DUTAKITA.Com-
Tirai demokrasi  Pilkada di NTT mulai dibuka. Gendang politik pun ditabuh. Banyak figur mulai bermunculan. Seperti biasa, nada dasar yang didentang adalah KEPENTINGAN. Untuk lokus NTT, kepentingan yang selalu ditonjolkan  adalah keseimbangan antara etnis dan agama yang  terabsorbsi dalam geopolitik NTT.

Hingga saat ini terdapat beberapa nama yang muncul ke atmosfir politik di NTT. Ada yang masih pemain lama. Sebaliknya, ada pendatang baru.

Beberapa nama yang teridentifikasi sebagai figur lama yang selama ini ikut mempesonakan pesta demokrasi di NTT, seperti  Ir. Esthon Leyloh Foenay, Christian Rotok, Melki Laka Lena, Benny Kahar Harman dan Ibrahim Agustinus Meda. Sedangkan pendatang baru  adalah Jacky Uly, Daniel Tagu Dedo, Marianus Sae dan Raymundus Fernandez.

Lalu, siapa yang berpeluang untuk  melanjutkan kepemimpinan Gubernur NTT paska Drs. Frans Leburaya untuk memimpin provinsi yang berjumlah penduduk di atas lima jutaan orang ini?

Perhelatan demokrasi itu masih cukup jauh, tahun 2018 mendatang.  Namun  hasil survey sudah dirilis.

Berdasarkan hasil survey yang dirilis  Populi Center terhadap elektabilitas para figur sebagaimana dilansir Harian Umum Flores Pos tanggal  4 September 2017 bahwa terdapat enam figur yang  memiliki elektabilitas teratas. Esthon Foenay  menempati posisi elektabilitas teratas sebagai calon gubernur, baik elektabilitas top of mind  maupun elektabilitas tertutup sejumlah  figur dengan tingkat elektabilitas 20,3%. Di posisi kedua adalah figur Benny Kahar Harman  sebesar 12,4%, Ibrahim Agustinus Medah sebesar 11,9%, Raymundus Fernandez sebesar 8,5% dan Marianus Sae sebesar 4,5%.

Survey dilakukan pada tanggal 21-29 Juli 2017 terhadap 800 responden  dengan metode wawancara tatap muka yang dipilih secara acak  bertingkat, multi stage random sampling  di 80 kelurahan/desa pada 22 kabupaten/kota  di NTT dengan tingkat kepercayaan  95,0%.  Margin of error + 3,39%.

Dari daftar figur dengan elektabilitas versi Populi Center tersebut,  hingga saat ini yang hampir pasti memiliki kendaraan politik adalah Esthon Foenay  karena  sekaligu sebagai ketua partai Gerindra, dimana berpasangan dengan Christian Rotok dari dalam partai yang sama. Begitupun dengan figur Melki Laka Lena yang telah ditetapkan dari  Partai Golkar, Benny Kahar Harman (Demokrat), Ibrahim Agustinus Medah hampir pasti dari Hanura, Jacky Uly dari Nasdem. Di antara figur,  Daniel Tagu Dedo, Marianus Say dan Raymundus Fernandez  sama-sama berpeluan untuk kemungkinan  akan ditetapkan salah satu menjadi calon gubernur dari  PDIP.

This post was written by dutakita
About

DUTAKITA Hadir sebagai manivestasi dari eksistensi diri. Didorong oleh adanya tanggung jawab untuk menjadi duta dalam segala aspek kehidupan termasuk di dalamnya adalah duta dalam menyediakan indormasi kepada publik. Bahwa kehadiran DUTAKITA di tengah kehidupan banyak orang kiranya mercusuar yang menunjukan jalan bagi banyak orang. Untuk itu, sebagaimana komitmennya, DUTAKITA akan menjadi wahana berekspresi, berimajinasi, motivasi dan berkreasi untuk mempertahankan eksistensi diri di tengah kebutuhan akan informasi.

Tags:
Categorised in:

No comment for ELEKTABILITAS ESTHON FOENAY, TERATAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *