Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KABAR DUTA » INDONESIA SUDAH MERDEKA 72 TAHUN TAPI DESA LETBAUN MASIH GELAP GULITA

INDONESIA SUDAH MERDEKA 72 TAHUN TAPI DESA LETBAUN MASIH GELAP GULITA

(53 Views) Desember 7, 2017 7:16 am | Published by | No comment

DUTAKITA.Com. — Indonesia sudah merayakan hari kemerdekaannya yang ke-72 tahun 2017. Tapi ironisnya masih ada satu desa yang secara utuh belum merdeka dari kegelapan malam.  Tersebutlah, Desa Letbaun di Kecamatan Semau Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Desa ini terletak di bagian Utara dari Pulau Se

ilustrasi

mau berbatasan dengan Desa Batu Inan, Desa Uiasa dan Desa Uitao. Anehnya, semua desa yang mengelilingi Desa Letbaun sudah menikmati  arus listrik. Tapi sayangnya, Desa Letbaun dengan jumlah KK +- 100 buah  dan tersebar dalam 5 dusun yaitu Dusun Ahleten, Dusun  Lanunu, Dusun Kampung Baru, Dusun Buhun dan Dusun Bahan Salit ini hanya bisa menikmati  lampu teplok yang terbuat dari kaleng dan sumbu kain.

Di Desa Letbaun sendiri memiliki satu sekolah dasar (SD Negeri Letbaun dan satu Puskesmas Pembantu (Pustu) dan satu gereja GMIT Imanuel Buhun. Namun semua sarana umum ini tidak didukung dengan listrik. akibatnya masyarakat selalau mengalami kesulitan dalam mendapatkan pelayanan publik dari sarana tersebut.

Kepala Desa Letbaun, Sadrak Patola tidak dapat dikonfirmasi oleh Duta Kita.com.   Namun, dalam wawancaranya dengan Ketua Badan Perwakilan Desa (BPD) Desa Letbaun, Rida Luin-Kattu mengatakan bahwa  upaya untuk pembangunan jaringan lirstik di Desa Letbaun sudah lama dilakukan sejak kepala Desa Letbaun sebelumnya yaitu, Ton Baung namun hingga saat ini belum pernah realisasi. Padahal  listrik sangat dibutuhkan oleh masyarakat setempat. “Masyarakat sudah  diminta  untuk melengkapi foto copy KTP sebanyak 3 kali, namun sampai saat ini tidak ada realisasi”, kata Rida yang diamini oleh salah satu anggota BPD, Frans Katu Lote.  Menurut Rida dan Frans,  listrik sangat membantu masyarakat karena bisa meningkatkan perekonomian masyarakat melalui berbagai usaha ekonomis produktif serta meningkatkan pelayanan publik baik di  desa maupun di Pustu dan sekolah serta gereja setempat.

“Kami mohon kepada bapak Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Bapak Bupati Kupang, Bapak Gubernur NTT dan Bapak Presiden RI agar  secara berjenjang memperhatikan  kebutuhan kami khususnya listrik di  Desa Letbbaun. Apa kesalahan  masyarakat Desa Letbaun sehingga sampai saat ini belum juga mendapat listrik?” ujar Ridayang juga diiyakan oleh Frans Katu Lote.

 

 

This post was written by dutakita
About

DUTAKITA Hadir sebagai manivestasi dari eksistensi diri. Didorong oleh adanya tanggung jawab untuk menjadi duta dalam segala aspek kehidupan termasuk di dalamnya adalah duta dalam menyediakan indormasi kepada publik. Bahwa kehadiran DUTAKITA di tengah kehidupan banyak orang kiranya mercusuar yang menunjukan jalan bagi banyak orang. Untuk itu, sebagaimana komitmennya, DUTAKITA akan menjadi wahana berekspresi, berimajinasi, motivasi dan berkreasi untuk mempertahankan eksistensi diri di tengah kebutuhan akan informasi.

Tags:
Categorised in:

No comment for INDONESIA SUDAH MERDEKA 72 TAHUN TAPI DESA LETBAUN MASIH GELAP GULITA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *