Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KABAR DUTA » KAWAL PEMBAURAN BANGSA, FPK LAKUKAN KULIAH UMUM DI KAMPUS

KAWAL PEMBAURAN BANGSA, FPK LAKUKAN KULIAH UMUM DI KAMPUS

(27 Views) September 12, 2017 7:18 am | Published by | No comment

Dutakita.com–Mahasiswa sebagai generasi muda diharapkan sebagai agen pembauran bangsa, bukan sebagai pemicu konflik sosial di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara. Mahasiswa sebagai  salah satu segmen bangsa yang memiliki kekuatan besar  dalam mempertahankan eksistensi UUD 1945,  Pancasila, Persatuan dan Kesatuan, serta Bhineka Tunggal Ika sebagai jati diri negara dan bangsa. Karena itu diharapkan agar mahasiswa tampil sebagai figur bangsa yang sekaligus sebagai agen pembauran bangsa. Demikian simpulan akhir dari kuliah umum Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Ngada-NTT bersama para calon mahasiswa baru pada Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Citra Bhakti Malanuza-Ngada-Flores pada hari Selasa, 12 September 2017.  Materi pembauran kebangsaan disampaikan oleh Camat Golewa yang sekaligus sebagai Pembina FPK tingkat kecamatan Golewa, Anton P. Ngea, SP, Ketua FPK Kabupaten Ngada, Drs, Petrus Tena  dan Sekretaris FPK Kabupaten Ngada, Jibrael Po, S.Pt.

Selanjutnya, Camat Golewa, Anton menegaskan agar para mahasiswa yang akan menjadi bagian dari masyarakat di wilayahnya dapat memperlengkapi diri dengan administrasi kependudukan serta menjaga keharmonisan hidup di antara penduduk yang ada. Mengingat bahwa kehadiran mahasiswa di wilayah sekitar kampusmemperi dampak yang besar baik sosial maupun ekonomis bagi masyarakat yang ada. Karena itu diharapkan agar mahasiswa dapat menjadi pelopor untuk menjadi masyarakat yang baik yang memiliki kartu identitas diri yang sesuai dengan ketentuan seperti KTP maupun kartu keluarganya. Sedangkan Ketua FPK Kabupaten Ngada, Drs. Petrus Tena menekankan pada eksistensi mahasiswa dalam mengawal 4 pilar dalam wadah negara kesatuan RI yakni UUD 1945, Pancasila, Persatuan dan Kesatua

n serta Bhineka Tunggal Ika. Mahasiswa diharapkan mampu menjembatani kesenjangan berpikir antara kelompok-kelompok radikalisme yang saat ini sedang berjuang untuk menghancurkan tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Selanjutnya, Sekretaris FPK Kabupaten Ngada, Jibrael Po, S.Pt menekankan pada eksistensi mahasiswa

sebagai agen pembauran bangsa. Bahwa mahasisw

a merupakan pintu masuk dan sekaligus target group bagi FPK dalam rangka terciptanya pembauran bangsa. Mahasiswa diharapkan untuk menciptakan pembauran mulai dari dalam kampus sampai kepada lingkungan di mana mereka berada setiap saat. Bahwa pembauran itu sesungguhnya menghilangkan sekat-sekat atau dindin

g pemisah  antara suku, agama dan antar golongan. Konteks pembauran merupakan senjata pamungkas dalam memerangi dikotomi anggapan mayoritas-minoritas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ini.

“Kita adalah bagian dari pelaku pembauran bangsa, kita hidup dalam wadah berbangsa dan bernegara, kita hidup dalam ruang terbuka dan di dalam keterbukaa itu kita saling membutuhkan.

 

.

 

 

 

 Integrasi sosial kita tidak bisa ditakar hanya dengan paradigma sempit: karena kita sama yakni  “sesuku, seetnis, sebudaya, sebahasa dan persamaan-persamaan lainnya. Mari kita membuka diri untuk menjadi bagian dari orang lain di sekitar kita”, pungkasnya.

Hadir juga pada kesempatan itu adalah Ibu Gemagalgani dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Ngada.

 


 
 

This post was written by dutakita
About

DUTAKITA Hadir sebagai manivestasi dari eksistensi diri. Didorong oleh adanya tanggung jawab untuk menjadi duta dalam segala aspek kehidupan termasuk di dalamnya adalah duta dalam menyediakan indormasi kepada publik. Bahwa kehadiran DUTAKITA di tengah kehidupan banyak orang kiranya mercusuar yang menunjukan jalan bagi banyak orang. Untuk itu, sebagaimana komitmennya, DUTAKITA akan menjadi wahana berekspresi, berimajinasi, motivasi dan berkreasi untuk mempertahankan eksistensi diri di tengah kebutuhan akan informasi.

Tags: , ,
Categorised in:

No comment for KAWAL PEMBAURAN BANGSA, FPK LAKUKAN KULIAH UMUM DI KAMPUS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *